Madu, Si Kental Untuk Jerawat

madu-si-kental-untuk-jerawat

Madu, cairan kental dan memiliki rasa manis ini sungguhlah akrab dengan kehidupan kita. Madu yang dihasilkan oleh lebah ini memiliki berbagai manfaat dan peranan dalam dunia kesehatan. Dan dewasa ini penggunaan madu dalam produk – produk kecantikan telah banyak digunakan. Mulai dari sabun mandi, lulur, masker, lotion, dan lain – lain.

Dalam kiprahnya di dunia kecantikan, madu dipercaya untuk menghilangkan bekas jerawat sehingga baik jika digunakan dalam perawatan kesehatan kulit, terutama kulit wajah. Ya, madu untuk jerawat ini laris di pasaran karena memang keefektifan khasiatnya yang telah terbukti sehingga tidak dapat dipungkiri lagi. Fungsi madu untuk jerawat tersebut, dapat dijelaskan pada manfaat madu sendiri, yaitu:

Melindungi kulit
Fungsi madu untuk melindungi kulit ini karena adanya kandungan anti jamur, anti mikroba, dan anti oksidan dalam madu sehingga dapat menyembuhkan luka, infeksi kulit, bahkan bintik – bintik merah yang biasanya timbul karena adanya jerawat.

Menjaga kecantikan kulit
Madu memiliki kandungan lain berupa pottasium, kalsium, serta magnesium yang memiliki kemampuan untuk membantu meregenerasi sel kulit sehingga kulit wajah yang berjerawat pun akan mulai ter-regenerasi dan tampil cantik kembali.

Membersihkan kulit
Madu memiliki kandungan zat berupa enzim yang dapat membantu membersihkan kulit tanpa mengurangi kandungan – kandungan kulit. Cara penggunaannya pun hanya dengan menambahkan air pada madu tersebut, sehingga perannya menjadi antiseptik yang mampu membersihkan kulit dan mampu ;melembutkan kulit.

Menyembuhkan luka
Pada kulit wajah yang berjerawat, biasanya timbul luka atau bekas jerawat. Bahkan terkadang, jerawat tersebut menimbulkan terjadinya radang pada kulit. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan fungsi madu yang mampu menyembuhkan luka dari infeksi, khususnya karena timbulnya jerawat. Madu dapat meminimalkan terjadinya infeksi karena memiliki kandungan anti mikroba dan esensi dar gula dalam madu.

Nah, fungsi – fungsi madu untuk jerawat di atas dapat Anda dapatkan dan Anda nikmati jika Anda mulai untuk mempraktikkannya. Cara penggunaannya yaitu:

Cukup Anda oleskan madu secara merata pada kulit wajah Anda yang terdapat jerawat dan diamkanlah selama 15 menit. Lalu bilaslah dengan air bersih, dan usahakan air hangat. Serta usaplah wajah seusai dibilas air dengan cukup menepuk – nepuk wajah secara halus. Madu ini dapat berperan dengan kemampuannya untuk mengangkat noda dan mampu membunuh jerawat.
Selain penggunaan secara langsung pada kulit wajah yang memiliki jerawat, madu pun dapat digunakan sebagai masker sederhana nan tradisional buatan sendiri. Cara penggunaannya pun mudah yaitu hanya dengan mengusapkan atau mengoleskan madu secara merata pada seluruh permukaan kulit wajah dan didiamkan hingga kering atau kurang lebih 15 – 20 menit, agar mampu diserap oleh kulit wajah sehingga mampu melembabkan kembali kulit wajah dan tentu saja menyembuhkan atau menghilangkan jerawat. Kemudian dibilas dengan air hangat pula.
Aplikasi dan penggunaan madu untuk jerawat sangatlah mudah dan sederhana. Jadi, bagi Anda yang ingin melakukan perawatan mandiri pada kulit wajah Anda, tak perlu khawatir lagi karena dengan fungsi madu yang beragam ini telah dipercaya dan terbukti dalam menghilangkan bekas jerawat, dan merawat wajah secara umumnya. Sebuah treatment atau perawatan harus dilakukan secara teraturdan rutin.. jika Anda mudah putus asa dan tidak sabaran, maka treatment apapun tidaklah cocok bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *